Senam irama kelas 10 IPA 2

   Guru mapel :Novi Andry Yansyah,S.Pd


Mapel : Penjaskes 


Kelas : 10 IPA / IPS




اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ


Gimana kabarnya Sehat semua hari ini anak anak bapak ? 


 pagi ini sudah shalat dhuha semua kan ? 




Untuk pelajaran penjas kita hari ini , silahkan kalian cermati dan pahami materi di bawah ini




jangan lupa kalian absen di kolom komentar ya 
























KD :



4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama.



Tujuan 


4.7.1 Melakukan berbagai hasil analisis keterampilan rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama secara individual, berpasangan atau berkelompok. 

4.7.2 Melakukan berbagai hasil analisis keterampilan rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama sesuai hasil analisis untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik secara individual, berpasangan atau berkelompok dalam bentuk rangkaian yang sederhana dengan menekankan pada nilai-nilai disiplin, sportifitas, tanggung jawab, dan kerja sama.



Senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Senam irama pertama kali digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18.

Pada awalnya, merupakan gerakan bebas. Lalu, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan ini sehingga menjadi senam irama yang kita kenal sekarang.

Setiap gerakan senam irama diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan rapi. Seiring berjalannya waktu, senam irama banyak mengambil gerakan dari balet.

Senam irama atau senam ritmik ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar, seperti Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya.

Bagi kamu yang tertarik dengan senam irama ini, ada baiknya lebih dahulu memahami pengertian, unsur-unsur, jenis, gerakan dasar, dan manfaat yang didapat.

Pengertian Senam Irama

Senam irama merupakan satu di antara cabang olahraga senam artistik yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai irama yang mengikutinya.

Unsur-Unsur Senam Irama

Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama adalah:

  • Kelentukan
  • Keseimbangan
  • Keluwesan
  • Fleksibilitas
  • Kontinuitas
  • Ketepatan

Untuk mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani, ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu:

  • Ketepatan musik atau irama
  • Kelentukan
  • Kontinuitas gerakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru mapel :Novi Andry Yansyah,S.Pd Mapel : Penjaskes Kelas : 10.9

11 IPA 3

Basket