Kisi-kisi latihan ujian sekolah
PENGEMBANGAN KISI-KISI SOAL MELALUI ANALISIS KISI-KISI UUB 2022
Kabupaten/Kota *) : Kota Bandar Lampung
Jenjang : SMA
Mata Pelajaran : PJOK
Kurikulum : 2013
Program/Peminatan : Umum
No Level Kognitif Lingkup
Materi Kompetensi Dasar IndikatorSoal Bentuk
Soal Nomor
Soal Tingkat Kesukaran
1
L2 Permainan dan olahraga
Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan Peserta didik mampu menentukan tahapan gerak dalam lompat jauh PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
2 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu menyusun pola penyerangan dalam permainan tenis meja
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
3 L3 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Disajikan tabel hasil lompatan beberapa atlet dalam perlombaan lompat jauh, peserta didik dapat menunjukkan sang juara dalam perlombaan lompat jauh
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
4 L2 Kebugaran Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Peserta didik mampu menjelaskan konsep latihan daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan.
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
5
L2
Kebugaran
Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Disajikan tabel yang memuat beberapa latihan kelincahan dan satu latihan yang bukan
Peserta didik mampu menunjukkan bentuk latihan untuk meningkatkan kemampuan agility
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
6 L2 Senam dan aktivitas gerak berirama Mempraktikkan hasil rancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai Disajikan beberapa potongan gambar gerakan Tiger Sprong
Peserta didik mampu menyusun pola rangkaian gerak Tiger Sprong PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
7
L2
Aktivitas air
Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu
Disajikan 2 gambar alat penyelamatan kegawatdaruratan air dan 3 gambar pengecoh, peserta didik mampu menunjukkan alat – alat yang digunakan dalam penyelamatan kegawatdaruratan di air.
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
8
L2
Kesehatan
Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba
Peserta didik mampu menjelaskan hukuman bagi pengedar narkotika
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
9 L2 Kesehatan Menganalisis manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
Disajikan 4 gambar aktivitas sehari hari dan satu gambar aktivitas berolahraga
Pesera didik mampu menunjukkan beberapa aktivitas fisik untuk menunjang kebugaran
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
10 L2 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
Peserta didik mampu menjelaskan bahaya HIV/AIDS
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
11
L3
Permainan dan olahraga
Merancang pola penyerangan dan pertahanan dalam olahrag beladiri yang disusun sesuai peraturan permainan
Disajikan 3 formasi penyerangan dalam permainan Sepak bola dan 2 formasi bertahan
peserta didik dapat mengelompokkan formasi penyerangan dalam permainan sepak bola
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
12 L3 Kebugaran jasmani Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi Disajikan beberapa instrumen tes yang digunakan untuk mengukur komponen kebugaran jasmani
Peserta didik dapat memilih instrumen tes yang benar untuk mengukur kekuatan power tungkai
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
13 L1 Senam dan aktivitas gerak berirama Mempraktikkan hasil rancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai Disajikan langkah-langkah dalam melakukan gerakan roll belakang
Peserta didik dapat mengurutkan rangkaian gerak roll belakang
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
14 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Peserta didik dapat mengidentifikasi kesalahan dalam melakukan start jongkok PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
15
L2
Kebugaran jasmani
Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Disajikan beberapa latihan daya tahan/endurence dalam sebuah tabel
Peserta didik mampu mengelompokan olahraga yang menunjang dalam melatih kemampuan daya tahan otot jantung dan paru
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
16 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Disajikan langkah-langkah dalam melakukan genggaman salah satu pegangan dalam lempar lembing
Peserta didik dapat menentukan teknik pegangan yang digunakan dalam lempar lembing
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
17 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Basket
Disajikan tabel beberapa pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan Basket
Peserta didik dapat menentukan pola penyerangan
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
18 L1 Senam dan aktivitas gerak berirama Merancang sistematika latihan (gerak pemanasan inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama
Peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan kaki dalam aktivitas gerak berirama PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
19 L2 Aktivitas air
Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu
Peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan renang gaya dada PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
20 L2 Kesehatan Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual (PMS)
Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas pergaulan sehat antar remaja PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
21 L2 Kesehatan Mengidentifikasi jenis-jenis dan menganalisis bahaya penggunaan narkoba dan psikotropika terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas
Disajikan beberapa gambar zat adiktif dan 1 gambar narkoba
Peserta didik mampu mengelompokkan jenis-jenis Zat Adiktif
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
22
L1
Kesehatan
Menganalisis manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat jangka panjang dari aktifitas fisik secara langsung
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
23 L1 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
Peserta didik mampu menjelaskan cara penularan penyakit HIV/AIDS PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
24 L2 Aktivitas kebugaran senam dan ritmik
Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Disajikan beberapa gambarlatihan kebugaran jasmani
Siswa dapat menentukan gerakan dari latihan Shoulder Press PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
25 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Disajikan gambar sebuah pola serangan dalam permainan sepak bola dimana terdapat pemain dalam posisi offside
Peserta didik mampu menganalisis posisi offside pada permainan sepak bola
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
26
L2
Kesehatan
Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual
Peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah melindungi diri dari penyakit menular seksual (PMS)
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
27 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Bola Basket Diberikan gambar situasi permainan bola basket, dimana salah satu tim melakukan pressing terhadap tim yang menguasai bola
Peserta didik mampu menentukan teknik passing yang tepat, yang akan digunakandalam situasi apapun dalam permainan bola basket
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
28 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu membedakan teknik pukulan dalam permainan Softball
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
29 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Peserta didik mampu menentukan hubungan hukum newton 3 pada teknik start pada renang gaya dada
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
30 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Peserta didik mampu merencanakan langkah kaki dalam melakukan lompat jangkit
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
31 L3 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan
Disajikan tabel hasil tolakan 8 atlet dalam perlombaan tolak peluru
Peserta didik dapat menganalisis dan menunjukkan urutanhasil dari yang terbaik dalam perlombaan tolak peluru PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
32 L2 Aktivitas air
Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu Peserta didik dapat menjelaskan tahapan gerak pada renang gaya dada PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
33 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menunjukkan bagan pertandinngan untuk 7 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
34 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menentukan jumlah pertandinngan untuk 9 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
35 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menentukan jumlahpertandinngan untuk 16 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
36 L2 Aktivitas kebugaran senam dan ritmik Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Disajikan1 komponen kebugaran jasmani
Siswa dapat menentukan alat yang digunakan dalam latihan yang sesuai dengan komponen kebugaran jasmani
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
37 L2 Kesehatan Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual Peserta didik mampu menjelaskan 3 jenis penyakit menular seksual (PMS)
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
38
L2
Aktivitas kebugaran senam dan ritmik
Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi
Disajikan1 komponen kebugaran jasmani
Siswa dapat menentukan alat latihan yang sesuai dengan latihan keseimbangan
PG
Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
39 L2 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
Peserta didik mampu menjelaskan cara menghindari penularan virus HIV/AIDS
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
40 L1 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu menentukan jenis pukulan smash dalam perminan bulutangkis
PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP
Komentar
Posting Komentar