Kisi-kisi latihan ujian sekolah

 PENGEMBANGAN KISI-KISI SOAL MELALUI ANALISIS KISI-KISI UUB 2022

Kabupaten/Kota *) : Kota Bandar Lampung

Jenjang : SMA

Mata Pelajaran : PJOK

Kurikulum : 2013

Program/Peminatan : Umum

No Level Kognitif Lingkup

Materi Kompetensi Dasar IndikatorSoal Bentuk

Soal Nomor

Soal Tingkat Kesukaran

1

 L2 Permainan dan olahraga

 Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan Peserta didik mampu menentukan tahapan gerak dalam lompat jauh PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

2 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu menyusun pola penyerangan dalam permainan tenis meja

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

3 L3 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Disajikan tabel hasil lompatan beberapa atlet dalam perlombaan lompat jauh, peserta didik dapat menunjukkan sang juara dalam perlombaan lompat jauh

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

4 L2 Kebugaran Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

 Peserta didik mampu menjelaskan konsep latihan daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan.

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

5

L2

Kebugaran

Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

Disajikan tabel yang memuat beberapa latihan kelincahan dan satu latihan yang bukan

Peserta didik mampu menunjukkan bentuk latihan untuk meningkatkan kemampuan agility

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

6 L2 Senam dan aktivitas gerak berirama Mempraktikkan hasil rancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai Disajikan beberapa potongan gambar gerakan Tiger Sprong

Peserta didik mampu menyusun pola rangkaian gerak Tiger Sprong PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

7

L2

Aktivitas air

Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu

Disajikan 2 gambar alat penyelamatan kegawatdaruratan air dan 3 gambar pengecoh, peserta didik mampu menunjukkan alat – alat yang digunakan dalam penyelamatan kegawatdaruratan di air.

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

8

L2

Kesehatan

Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba

Peserta didik mampu menjelaskan hukuman bagi pengedar narkotika

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

9 L2 Kesehatan Menganalisis manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur

 Disajikan 4 gambar aktivitas sehari hari dan satu gambar aktivitas berolahraga

Pesera didik mampu menunjukkan beberapa aktivitas fisik untuk menunjang kebugaran

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

10 L2 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS

 Peserta didik mampu menjelaskan bahaya HIV/AIDS

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

11

L3

Permainan dan olahraga

Merancang pola penyerangan dan pertahanan dalam olahrag beladiri yang disusun sesuai peraturan permainan

Disajikan 3 formasi penyerangan dalam permainan Sepak bola dan 2 formasi bertahan

peserta didik dapat mengelompokkan formasi penyerangan dalam permainan sepak bola

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

12 L3 Kebugaran jasmani Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi Disajikan beberapa instrumen tes yang digunakan untuk mengukur komponen kebugaran jasmani

Peserta didik dapat memilih instrumen tes yang benar untuk mengukur kekuatan power tungkai

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

13 L1 Senam dan aktivitas gerak berirama Mempraktikkan hasil rancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai Disajikan langkah-langkah dalam melakukan gerakan roll belakang

Peserta didik dapat mengurutkan rangkaian gerak roll belakang

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

14 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Peserta didik dapat mengidentifikasi kesalahan dalam melakukan start jongkok PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

15

L2

Kebugaran jasmani

Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

Disajikan beberapa latihan daya tahan/endurence dalam sebuah tabel

Peserta didik mampu mengelompokan olahraga yang menunjang dalam melatih kemampuan daya tahan otot jantung dan paru

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

16 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Disajikan langkah-langkah dalam melakukan genggaman salah satu pegangan dalam lempar lembing

Peserta didik dapat menentukan teknik pegangan yang digunakan dalam lempar lembing

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

17 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Basket

 Disajikan tabel beberapa pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan Basket

Peserta didik dapat menentukan pola penyerangan

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

18 L1 Senam dan aktivitas gerak berirama Merancang sistematika latihan (gerak pemanasan inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama

 Peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan kaki dalam aktivitas gerak berirama PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

19 L2 Aktivitas air

 Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu

 Peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan renang gaya dada PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

20 L2 Kesehatan Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual (PMS)

 Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas pergaulan sehat antar remaja PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

21 L2 Kesehatan Mengidentifikasi jenis-jenis dan menganalisis bahaya penggunaan narkoba dan psikotropika terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas

 Disajikan beberapa gambar zat adiktif dan 1 gambar narkoba

Peserta didik mampu mengelompokkan jenis-jenis Zat Adiktif

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

22

L1

Kesehatan

Menganalisis manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur

Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat jangka panjang dari aktifitas fisik secara langsung

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

23 L1 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS

 Peserta didik mampu menjelaskan cara penularan penyakit HIV/AIDS PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

24 L2 Aktivitas kebugaran senam dan ritmik

 Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

 Disajikan beberapa gambarlatihan kebugaran jasmani

Siswa dapat menentukan gerakan dari latihan Shoulder Press PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

25 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Disajikan gambar sebuah pola serangan dalam permainan sepak bola dimana terdapat pemain dalam posisi offside

Peserta didik mampu menganalisis posisi offside pada permainan sepak bola

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

26

L2

Kesehatan

Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual

Peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah melindungi diri dari penyakit menular seksual (PMS)

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

27 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Bola Basket Diberikan gambar situasi permainan bola basket, dimana salah satu tim melakukan pressing terhadap tim yang menguasai bola

Peserta didik mampu menentukan teknik passing yang tepat, yang akan digunakandalam situasi apapun dalam permainan bola basket

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

28 L2 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu membedakan teknik pukulan dalam permainan Softball

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

29 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Peserta didik mampu menentukan hubungan hukum newton 3 pada teknik start pada renang gaya dada

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

30 L2 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Peserta didik mampu merencanakan langkah kaki dalam melakukan lompat jangkit

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

31 L3 Permainan dan olahraga Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan

 Disajikan tabel hasil tolakan 8 atlet dalam perlombaan tolak peluru

Peserta didik dapat menganalisis dan menunjukkan urutanhasil dari yang terbaik dalam perlombaan tolak peluru PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

32 L2 Aktivitas air

 Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan penyelamatan diri,dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu Peserta didik dapat menjelaskan tahapan gerak pada renang gaya dada PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

33 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menunjukkan bagan pertandinngan untuk 7 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

34 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menentukan jumlah pertandinngan untuk 9 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

35 L3 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar Sepak bola Peserta didik mampu menentukan jumlahpertandinngan untuk 16 tim PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

36 L2 Aktivitas kebugaran senam dan ritmik Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

 Disajikan1 komponen kebugaran jasmani

Siswa dapat menentukan alat yang digunakan dalam latihan yang sesuai dengan komponen kebugaran jasmani

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

37 L2 Kesehatan Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular seksual Peserta didik mampu menjelaskan 3 jenis penyakit menular seksual (PMS)

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

38

L2

Aktivitas kebugaran senam dan ritmik

Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan ketrampilan secara pribadi

 Disajikan1 komponen kebugaran jasmani

Siswa dapat menentukan alat latihan yang sesuai dengan latihan keseimbangan

PG

Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

39 L2 Kesehatan Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS

 Peserta didik mampu menjelaskan cara menghindari penularan virus HIV/AIDS

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP

40 L1 Permainan dan olahraga Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola kecil Peserta didik mampu menentukan jenis pukulan smash dalam perminan bulutangkis

 PG Menyesuaikanpenomoran 20-25 % soaldari BSNP


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi soal pts kelas 11

Basket